Virus Zika, Bikin WHO Keluarkan Status Darurat Global

Beberapa waktu ini, dunia digemparkan dengan sebuah virus bernama Zika. WHO pun ikut kelabakan untuk menangani menyebarnya virus zika ini.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Virus Zika, virus sangat berbahaya di Dunia

NgenetYuk! Sehat – Virus Zika, merupakan virus yang disebarkan oleh nyamuk aedes yang juga membawa virus demam berdarah. Pertama ditemukan di Uganda, Afrika pada tahun 1947. Mulai kembali menggemparnya virus Zika adalah dengan melonjaknya jumlah bayi yang mengalami kecacatan di Amerika Selatan. Kecacatan tersebut atau yang biasa disebut dengan microcephaly diduga kuat memiliki hubungan erat dengan Zika, meski sampai sekarang belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Microcephaly sendiri merupakan kecacatan pada bayi yang ditandai dengan ukuran kepala bayi yang lebih kecil dari ukuran bayi normal biasanya. Dikatakan bahwa penderita Microcephaly ini berkemungkinan besar menderita keterbelakangan mental, keterlambatan perkembangan, serta mengalami kejang.

Belum bisa dideteksinya virus ini lantaran gejalanya yang tergolong jinak dan hampir sama dengan penyakit bawaan nyamuk pada umumnya. Penderita akan mengalami gejala seperti demam selama lima sampai tujuh hari, terjadi ruam di tubuh, linu, pusing yang sangat hebat, dan mata memerah.

Kendati belum terdapat anti virus untuk Zika, Margharet Chan, Direktur Jenderal WHO, menghimbau kepada seluruh pemerintah untuk melarang wanita yang sedang hamil bepergian ke 23 negara dan wilayah territorial (Amerika) yang positif terjangkit Virus Zika.

Untuk itu, yuk cegah sejak dini guys! Dengan mulai rajin menggunakan lotion anti nyamuk dan kelambu nyamuk supaya terhindar dari gigitan nyamuk aedes pembawa zika.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *