Cepot dan Semar Jadi Ikon Google

Tokoh pewayangan, Gatot dan Semar, Sabtu (3/9) dijadikan ikon Google. Tentunya bukan tanpa alasan google menayangkan kedua tokoh pewayangan itu, untuk memperingati hari ulang tahun dalang Asep Sunandar Sunarya


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Wayang Cepot dan Semar yang dijadikan ikon google (google.co)

Ngen

etYuk!  Hiburan – Tokoh pewayangan, Cepot dan Semar, Sabtu (3/9) dijadikan ikon Google. Tentunya bukan tanpa alasan google menayangkan kedua tokoh pewayangan itu, untuk memperingati hari ulang tahun dalang Asep Sunandar Sunarya, seorang ptia yang semasa hidupnya di

kenal sebagai maestro wayang golek.

Dalam Doodle, Semar digambarkan sebagai tokoh perut buncit, wajah putih, memakai sarung motif kotak-kotak dan memiliki kuncung. Sedangkan Cepot digambarkan sebagai tokoh berkulit merah.

Asep Sunandar sedang memainkan Cepot dan Semar (www.kaskus.co.id)

Bedasarkan penelusuran NgenetYuk!, semasa hidupnya pria kelahiran 3 September 1955  yang membuat cepot menjadi salah satu tokoh yang dikenal masyarakat, karena sosok cepot diceritakan memberikan hiburan dan nasihat-nasihat.

Selain itu juga, pria yang meninggal dunia pada 31 Maret 2014 karena serangan jantung, semasa hidupnya  pernah memodifikasi wayang golek yang dimainkan. Antara lain, wayang Raksasa (buta), Cepot yang dapat mengangguk, dan Arjuna dengan panahnya.

Asep Sunandar lagi mendalangi Semar dan Cepot (kaskus.co.id)

Pada 1994 silam, almarhum Asep Sunandar Sunarya merintis pentas di luar negeri. negara yang pernah disambangi Ingris, Belanda, Swiss, Perancis dan Belgia. Pada 1995 ia juga mendapatkan penghargaan berupa Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden Republik Indonesia yang Ke dua, H.M. Soeharto.

Asep Sunandar Sunarya juga pernah diminta menjadi dosen luar biasa di Institut De La Marionnette, Charlevile, Perancis. Dia mengajar selama dua bulan saja dan sempat dianugerahi gelar profesor oleh masyarakat akademis Perancis. Balada Cepot dan Semar yang sering dimainkan Asep, menjadi kerinduan pecinta wayang.


Like it? Share with your friends!

fazri

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *