Film Animasi Disney Moana Menuai Protes, Ada Apa Ya?

Setelah menuai banyak protes dari berbagai media, pihak Disney pun langsung menarik semua penjualan kostum Maui.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Film animasi Disney Moana dikabarkan banyak menuai protes(movieweb)

< b>NgenetYuk! Hiburan – Tampilan fisik karekter Maui dari film animasi terbaru Disney Moana, itu beberapa bulan lalu diprotes oleh aktivis Polinesia dan Kepulauan Pasifik. Aksi protes tersebut, dinilai karena terlalu gendut.

Seperti halnya yang dilansir dari, laman Hollywood Reporter, baru-baru ini Disney merilis kostum spesial Halloween berupa kostum karakter Maui dari film Moana yang berwujud setelan kaus dan celana panjang berwarna cokelat tua.

Maui film animasi Moana(walt disney pic)

Pakaian itu dihiasi gambar serupa tato di tubuh Maui di seluruh bagian, dilengkapi rok dari untaian daun, dan kalung gigi ikan hiu imitasi. Lantas saja, kostum itu langsung dianggap sebagai penghinaan bagi warga dan keturunan Polinesia.

Menurut komentar aktivis Chelsie Haunani Fairchild dalam blog Pacific Islander, warna kulit dari ras apapun tidaklah pantas untuk dijadikan warna dasar kostum. Menggunakan warna coklat tua sebagai referensi warna suku Polinesia sama saja seperti julukan ‘blackface’ bagi keturunan Afrika.

Profesor Antropologi Budaya dari Brigham Young University-Hawaii, menyambut baik tindakan Disney dengan menyatakan alasan kenapa banyak yang tidak setuju dengan ide kostum Halloween tersebut.

film Disney Moana banyak mendapatkan protes(bbc.com)

“Tato seluruh tubuh seperti itu hanya digunakan dan ada di tubuh petinggi dan leluhur suku Polinesia. Rasanya tidak etis jika wujud tato yang sakral itu ada di kostum Halloween. Nilai budaya dari tato tersebut akan bergeser,” ujar Kaili.

Setelah menuai banyak protes dari berbagai media, pihak Disney pun langsung menarik semua penjualan kostum Maui, baik dari penjualan online maupun di berbagai toko resmi milik Disney Corp.


Like it? Share with your friends!

fazri

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *