Hari Ini Akan Terjadi Gerhana Matahari Cincin

BMKG juga mengatakan kalau disetiap lokasi itu akan berbeda-beda. Kontak pertama Gerhana Matahari Cincin di Indonesia adalah Pacitan yang terjadi pada pukul 17:26:00,9 WIB, untuk selanjutnya menyebar ke daerah lainnya.


1
1 point
Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Terjadinya proses Gerhana Matahari Cincin (mastugino.blogspot.com)

NgenetYuk!  Infosiana – Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dalam situsnya, Rabu (31/8), mengatakan kalau di Indonesia akan terjadi fenomena Gerhana Matahari Cincin pada Kamis(1/9)sore. Alur gerhana ini akan melewati Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madaskar dan Samudera Hindia. Sehingga fenomena langka ini akan dirasakan di 124 Kota di 10 Provinsi di Indonesia.

“Di Indonesia, gerhana ini dapat diamati pada sore hari menjelang matahari terbenam berupa Gerhana Matahari Sebagian,” tulis BMKG.

Gerhana matahari Cincin 1 September 2016 (blogspot.com)

Gerhana Matahari Cincin Kembar itu bisa disaksikan di Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur bagian Baratnya.

BMKG juga mengatakan kalau disetiap lokasi itu akan berbeda-beda. Kontak pertama Gerhana Matahari Cincin di Indonesia adalah Pacitan yang terjadi pada pukul 17:26:00 WIB, untuk selanjutnya menyebar ke daerah lainnya.

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin (viva.co.id)

Akhir  Gerhana Matahari Cincin ini akan terlihat pertama kali di Seai-Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 17:52:18,5 WIB untuk selanjutnya menyebar ke lokasi lainnya di Sumatera.

Gerhana Matahari Cincin pun terbenam di Kota Lampung, Bengkulu dan Sumatera. Proses Gerhana berakhir bisa diamati paling awal di Talang Ubi, Sumatera Selatan pada pukul 17:59:36,0 WIB dan paling akhir di Kepahiang, Bengkulu pada pukul 18:06:58,2 WIB.


Like it? Share with your friends!

1
1 point
fazri

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *