Ini Dia Mukidi Yang Aslinya

Mukidi' yang terkesan kampungan pada saat ini, tentunya banyak orang yang tertawa ketika mendengar nama Mukidi. Justru disitulah Soetantyo sengaja tidak mencari nama modern, dan justru disitulah letak kepopulerannya.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Soetantyo Moechlas pecipta sosook Mukidi (nasional.republika.co.id)

< b>NgenetYuk!  Infosiana – Nama Mukidi yang menjadi viral di dunia maya lewat postingannya di media sosial dan pesan berantai aplikasi WhatsApp. Tentunya banyak orang menerka-nerka siapa

dibalik sosok pecipta Mukidi.

Seperti yang dilansir Republika.co.id, ternyata sang pecipta Mukidi adalah bernama Soetantyo Moechlas yang tinggal di Kompleks Perumahan Jatibening I, Kota Bekasi, Jawa Barat.

‘Mukidi’ yang terkesan kampungan pada saat ini, tentunya banyak orang yang tertawa ketika mendengar nama Mukidi. Justru disitulah Soetantyo sengaja tidak mencari nama modern, dan justru disitulah letak kepopulerannya.

“Nama Mukidi itu gampang diingat dan sangat Jawa,” ucap lelaki asal Purwokerto. Dirinya membayangkan sosok imajinasinya itu sebagai lelaki umur 40-an dan perawakan tidak ganteng. Mukidi diandaikan sebagai orang Cilacap.

Kisah ini sebenarnya, sudah hampir genap dua dekade. Ini berawal ketika dirinya mengirimkan cerita-cerita ke Ida Khisna Show di radio Prambors. Nama Mukidi juga pernah muncul disalah satu serial warkop DKI.

Meme Mukidi(brilio.net)

Untuk memperkuat ceritanya. Ia pun menambahkan beberapa karakter pelengkap. seperti, Wakijan, sahabat karib Mukidi; Markonah, istri Mukidi; Mukirin dan Mukiran, kedua anak Mukidi. Ada lagi Sukilah (orang yang suka berkilah), Wakilah istri Wakijan, Mbah Marto Kapiran paman Mukidi, kemudian temennya Mbah Karto Mengkono.

“Tokoh-tokoh itu berbau Jawa banget. Dan itu tipikal orang Jawa semua. Mukidi juga orang Jawa. Tidak terlalu pintar dan tidak terlalu bodoh, tapi ya kadang-kadang nakal. Kadang-kadang cerdas, sangat manusiawi,” ceritanya.

Selain itu juga, dirinya mengatakan kalau ada kisah Mukidi sedang mencari kerjaan, ada lagi Mukidi sedang terlambat masuk kerja. Di tiap episode berbeda-beda.

anekdot Mukidi versi lain(keprinews.co.id)

Ketenaran Mukidi pun membuat Netizen menebak-nebak wajah Mukidi sehingga beredar viral. Salah satu yang menimbulkan gelak tawa, ada gambar ‘Keluarga Mukidi Sedang Bahagia’.

Netizen lainnya pun juga membubuhkan ‘Yang Manakah Markonah Istri Mukidi’ pada foto perempuan cantik yang sedang berderet.

“Itu bukan saya. Bukan. Bukan saya yang bikin itu, karena kalau yang gambarkan tidak seperti itu,” tangkis Soetantyo sembari tertawa. Mukidi oh Mukidi.


Like it? Share with your friends!

fazri

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *