Keutamaan Puasa Arafah dan Puasa Tarwiyah di Bulan Dzulhijjah

Para ulama sepakat, puasa di bulan Dzulhijjah itu hukumnya sunah. Bahkan dianjurkan berpuasa sejak hari pertama Dzulhijjah hingga hari Arafah, tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Jamaah Haji sedang puasa Tarwiyah dan puasa Arafah di Mekkah(tribunnews.com)[/captio

n]

NgenetYuk! Infosiana – Bulan Dzulhijjah atau juga sering disebut bulan dimana para umat musli di dunia melakukan ibadah Haji di Mekkah, yang melakukan wukuf di Padang Arafah.

Oleh karena itu, bagi umat muslim yang tidak menjalankan ibadah Haji, disarankan untuk melaksanakan puasa sunah selama dua hari yaitu tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah, atau yang lebih sering disebut puasa Tarwiyah dan Arafah.

Jamaah haji berkumpul di Mekkah melaksanakan wukuf(merdeka.com)

Sebuah artikel sederhana karya Dr. Abdurrahman Bin Shalih Bin Muhammad Al-Ghafili yang berjudul Hukm Shiyam Asyr Dzilhijjah, itu memaparkan kalau puasa tarwiyah dan Arofah tersebut memiliki keutamaan.

Keutamaan puasa Tarwiyah adalah Puasa dilaksanakan pada hari Tarwiyah yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Ini didasarkan pada satu redaksi hadits yang artinya bahwa Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun.

Jamaah Haji tengah melaksanakan puasa Wukuf dan Tarwiyah(infohaji.org)

Sedangkan Keutamaan Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni pada saat diberlangsungkannya wukuf di tanah Arafah tanggal 9 Dzulhijah oleh para jamaah haji. Wukuf di Arafah bisa dikatakan sebagai inti dari pada pelaksanaan ibadah haji. Karena itu puasa Arafah ini sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji.

Melihat keutamaan puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah di bulan Dzulhijjah, ia mengatakan kalau ulama-ulama terdahulu, para ulama sepakat, puasa di bulan Dzulhijjah itu hukumnya sunah. Bahkan dianjurkan berpuasa sejak hari pertama Dzulhijjah hingga hari Arafah, tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah.


Like it? Share with your friends!

fazri

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *