Selamat Hari Galungan

Hari Galungan dirayakan oleh umat Hindu di Bali setiap 210 Hari Oleh karena itu Oleh karena itu, Hari kemenagan ini kerap disambut dengan suka citta umat Hindu di Bali.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Memperingati Hari Galungan para wanita di Bali menjunjung sesajen yang dibawa ke pur

a (littlestepsasia.com)

NgenetYuk! Infosiana – Umat Hindu di Bali, Rabu (7/9) merayakan hari suci Galungan. Arti Galungan itu sendiri adalah memperingati kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (keburukan).

Untuk pria, wanita maupun anak-anak itu

menggunakan busana ada yang didominasi warna putih dan bagi wanita menjunjung sesajen (sesaji) bersama-sama pergi ke pura atau tempat suci keluarga (merajan) untuk mengadakan persembahyangan.

Umat Hindu di Bali sembahyang untuk memperingati Hari Galungan(nationalgeographic.co.id)

Selain itu juga, untuk meriahkan kemenangan tersebut sepanjang jalan dihiasi dengan penjor sebagai lambang kemakmuran. jalan raya sepanjang Kota denpar pun terlihat sepi. Karena seluruh perkantoran maupun instasi pemerintah dan swasta turut meriahkan hari Galungan tersebut dengan cara meliburkan karyawannya selama tiga hari terhitung, 6-8 September 2016.

Tidak hanya perkantoran yang diliburkan. Sekolah pun dari seluruh jenjang pendidikan diliburkan hingga Hari Raya Galungan, 5-18 September 2016.Hari Galungan ini sangat istimewa, karena setiap 210 hari umat hindu memperingatinya.

hiasan penjor untuk memperingati hari Galungan di Bali (mulpix.com)

Hari suci Galungan selain bermakna memperingati kemenangan dharma atas adharma juga memberikan keheningan atas kemakmuran dan kesejahteraan yang dilimpahkann Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang maha Esa.

Bali pada hari Galungan itu diwarnai dengan hiasan penjor (bambu yang dihias)berjejer sepanjang jalan yang dipajangkan didepan pintu masuk rumah tangga masing-masing. Selain itu juga hari Kemenangan dharma sekaligus kebangkitan, tangga menuju pemusatan pikiran dan kesucian diri, agar umat manusia dalam menjalani kehidupan benar-benar suci dan bersih.


Like it? Share with your friends!

fazri

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *