Kamu Perlu Tahu, 6 Manfaat Jengkol, Nomor 4 Cewek Pasti Suka

Jengkol banyak yang menghindari. Namun ternyata banyak manfaat dari mengonsumsi jengkol. Apa saja itu?


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
jengkol
Jengkol ternyata selain bisa dibuat beragam kuliner juga punya manfaat yang banyak. (Sumber: trubus.id)

Dengar kata jengkol pasti yang terbersit adalah rasa baunya, bener nggak? Padahal, jengkol teruji klinis mengandung berbagai macam vitamin dan gizi yang tinggi. Coba kamu lihat deh, teman-teman kamu yang hobi banget makan jengkol. Perkara baunya sih, ternyata ada cara tersendiri untuk menghindarinya, paling tidak meminimalisasi baunya.

Sadar banyak manfaat dari jengkol. penggemar jengkol pun semakin bertambah. Bukan hanya orang tua atau orang jaman old yang suka, tapi anak muda jaman now pun sudah mulai mengetahui manfaat jengkol.

Jangan heran pula, ada sejumlah restoran atau kedai yang menyediakan makanan olahan berbahan dasar jengkol. Varian dari kuliner jengkol yang beragam, bahkan bisa dicampur dengan makanan moderen, semakin banyak yang mencintai jengkol. Karena itu, harga jengkol di pasaran pun ikut naik lho.

Nih, buat kamu yang masih antipati dengan jengkol, ada baiknya membaca manfaat dari mengonsumsi jengkol secara rutin. Diolah dari berbagai sumber, apa saja ya manfaatnya?

1. Cegah diabetes

kuliner jengkol
Salah satu manfaat jengkol adalah mencegah diabetes. (Sumber: justtryandeat.com)

Jengkol bisa mencegah diabetes, kok bisa? Ternyata jengkol mengandung zat jengkolat berbentuk kristal yang tidak larut dalam air. Selain itu jengkol juga bermanfaat untuk mengontrol kandungan gula darah. Nah, kalau ada yang punya turunan sakit diabetes, dicoba deh banyak mengonsumsi jengkol.

2. Lawan penyempitan pembuluh darah dan jantung

Jengkol teriyaki, sudah coba? (Sumber: cookpad.com)

Aliran darah dipercaya bisa lebih lancar kalau mengonsumsi jengkol. Ini juga bisa menghindari dari stroke serta penyakit jantung. Kalau aliran darah lancar, kemungkinan terkena serangan jantung semakin kecil. Disarankan memasak jengkol jangan sampai matang banget ya.

3. Anti radikal bebas

manfaat jengkol
Jengkol ternyata bisa sebagai anti radikal bebas. (Sumber: kangen.co.id)

Jengkol, bahan alami untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C yang banyak memang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga stamina juga. Hasil penelitian juga nih, kandungan zat bermanfaat di jengkol juga bisa menghindari penyakit kanker.

4. Melangsingkan badan

manfaat jengkol
Mau langsing? Jengkol salah satu solusinya. (Sumber: amazine.co)

Nah ini yang dicari banyak perempuan, badan menjadi langsing. Jengkol bisa membuat buang air besar semakin lancar, perut dipercaya bisa menjadi lebih langsing. Mau coba?

5. Menghindari anemia

Manfaat jengkol
Kalau kamu anemia, bisa dicoba dengan mengonsumsi jengkol. (sumber: plantbasedpharmacist.com)

Zat besi yang banyak terkandung di dalam jengkol, membuat kamu terhindar dari anemia atau sering disebut kurang darah.

6. Membantu pembentukan jaringan tubuh

kuliner gulai jengkol
Duh gulai jengkol. (Sumber: cookpad.com)

Kandungan protein yang banyak di jengkol juga bermanfaat untuk membentuk jaringan tubuh lho. Bahkan bisa memperkuat gigi serta tulang kamu.

Nah, sudah tahu kan khasiat dari jengkol? Kalau mau coba, kamu bisa mengolahnya dengan bentuk makanan yang kamu suka. Tapi tetap jangan kebanyakan juga, bisa jengkolan lho.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: Kuliner

DON'T MISS