Kuliner Ekstrim dari Hewan Berbisa yang Bikin Merinding Tapi Gurih-Gurih Sedap

Kuliner dari hewan berbisa yang jadi kuliner ekstrim ternyata masih diburu manusia. Kamu berani coba?


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
kalajengking kuliner ekstrim
Mengerikan sih, tapi kalau sudah begini, kalajengking katanya enak lho. (Sumber: pixabay)

Kuliner ekstrim dari hewan-hewan yang berbisa atau memiliki racun mematikan, sudah sejak dahulu dicoba manusia. Hingga saat ini, masih ada lho para penggemarnya. Memang punya resiko yang tinggi, jika memakan kuliner dari hewan berbisa atau yang memiliki racun.

Namun, manusia memang sudah diberikan akal, sehingga bisa mengolah dengan baik makanan berbahan dasar hewan berbisa. Ada yang memang harus memiliki sertifikat, adapula yang sudah turun temurun mengolahnya, sehingga bisa memisahkan racun dari hewan tersebut, hingga bisa dikonsumsi manusia.

Tentu tidak semua suka, meski demikian ada saja yang menyukai, bahkan mencari keberadaan tempat yang menjual kuliner ekstrim tersebut. Masalah harga pun tak jadi masalah.

Konon dipercaya, beberapa binatang berbisa tersebut malah bisa menjadi obat atau membangkitkan gairah serta stamina tubuh. Setidaknya dari testimoni orang-orang yang sudah memakannya, manfaat tersebut bisa tersebar.

Tetap saja sih, tidak sedikit yang menganggap kuliner tersebut menjijikan dan takut untuk mengonsumsinya, terutama dari bentuknya yang nggak biasa sebagai makanan. Apa saja sih binatang tersebut?

1. Ular

daging ular kuliner ekstrim
Olahan makanan dari daging ular. Kuliner ekstrim ini dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit. (Sumber: YouTube dunia kuliner21)

Di beberapa pasar di daerah tertentu, masih ada kedai yang menjual kuliner berbahan dasar ular. Ada yang dijadikan sate bahkan sop. Bagian ular yang sering diambil selain daging untuk dikonsumsi adalah darah dan ginjal. Dipercaya, bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan menambah stamina.


2. Ikan Fugu

ikan fugu kuliner ekstrim
Ikan fugu yang beracun ini ternyata bisa dijadikan kuliner ekstrim yang enak. (Sumber: YouTube)

Ikan ini banyak dikonsumsi masyarakat Jepang. Padahal, jenis ikan ini mengandung racun bernama tetroditixin yang dapat melumpuhkan otot dan gangguan pernapasan.

Namun dagingnya yang enak, tetap menjadi incaran. Karena itu pula, koki yang memasaknya harus memiliki sertifikat khusus. Ikan ini kerap dijadikan kuliner model sashimi.

3. Ubur-Ubur

kuliner ekstrim dari ubur-ubur
Ubur ubur pun bisa dijadikan olahan makanan yang lezat. (sumber: alliance/photoshoot)

Hewan laut yang memiliki banyak tentakel ini pun cukup beracun. Namun dengan pengolahan yang tepat, ubur-ubur bisa menjadi kuliner yang siap diburu. Di beberapa kota besar, kuliner ubur-ubur dicari masyarakat pecinta kuliner ekstrim.

Olahan kuliner ubur-ubur yang kerap dicari adalah salad. Ubur-ubur mengandung nutrisi yang tinggi antara lain protein dan kolagen.


4. Laba-Laba Tarantula

kuliner ekstrim tarantula
Katanya sih kalau tarantula sudah diolah seperti ini rasanya nikmat. Mau coba? (sumber: media iyaa)

Banyak orang takut melihat tarantula, namun bagi warga Kamboja, melihat tarantula bagaikan melihat uang. Di salah satu negara di Asia Tenggara itu, tarantula menjadi kuliner yang enak, tentu dengan cara masak yang benar sehingga menghilangkan racun di dalam tubuhnya.

Satu ekor tarantula goreng, dijual dengan harga 1 dolar Amerika. Bayangkan kalau dapat tarantula 10 ekor saja, satu hari sudah mengantongi 10 dolar Amerika.


5. Kalajengking

kalajengking kuliner ekstrim
Mengerikan sih, tapi kalau sudah begini, kalajengking katanya enak lho. (Sumber: pixabay)

Lihat bentuknya saja, banyak orang sudah merasa ketakutan. Namun bagi penggemar kuliner ekstrim, kalajengking adalah makanan nikmat. Di beberapa wilayah Tiongkok, sate kalajengking diklaim sebagai makanan yang bisa menambah vitalitas. Racunnya pun hilang ketika sudah dimasak.

6. Kelabang

kelabang kuliner ekstrim
Jangan bayangkan kelabangnya, tapi saat jadi sate kelabang. (Sumber: pixbay.com)

Salah satu binatang berbisa yang jadi kuliner nikmat adalah kelabang. Masih di Tiongkok, di beberapa wilayah sate kelabang dijual cukup mahal, hampir 100 ribu rupiah. Rasanya agak pahit, karena itu banyak penggemar sate kelabang yang menikmatinya dengan merica dan garam.

Nah, itu tadi beberapa binatang berbisa yang ternyata diburu untuk dijadikan kuliner ekstrim. Kalau kamu berani coba?


Like it? Share with your friends!

hernanda

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *