Kuliner Ini Buktikan Kesaktian Orang Indonesia

Kuliner Indonesia yang buktikan kesaktian orang indonesia


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Pempek
Kuliner khas Indonesia, Pempek kapal selam. (Sumber: Pempekkita.com)

NgenetYuk! Kuliner – Indonesia dikenal bukan hanya dengan kekayaan alam dan budayanya, namun juga kaya akan kulinernya. Tidak jarang, kuliner Indonesia menjadi ‘buruan’ wisatawan mancanegara. Bahkan sempat ramai di media sosial, rendang, kulinar khas Padang, Sumatera Barat, diklaim dari Malaysia.

Ada pula wisatawan dan musisi yang menciptakan lagu Nasi Padang, lantaran merasa rasanya tak bisa dilupakan. Lagu tersebut menjadi viral dan menambah kebanggaan masayarakat Indonesia terhadap kuliner Tanah Air.

Kuliner Indonesia pun mulai mendunia. Banyak orang Indonesia yang berada di negeri orang, membuat warung atau kedai masakan Indonesia. Seperti yang dilakukan WNI di Jerman. Ia sukses membangun kedai tempe di benua Eropa tersebut. Bahkan lantaran keunikan masakannya, membuat kedainya menjadi pembahasan media lokal.

Selain rasanya, beberapa kuliner Indonesia memiliki nama-nama yang unik. Nama tersebut menggambarkan kemiripan fisik atau bentuk dari makanan tersebut. Nah, muncul anekdot di media sosial, jika orang Indonesia dikenal sakti lantaran suka makanan tersebut.

Meski hanya jadi bahan becandaan, namun pastinya para wisatawan asing pun suka dengan kuliner tersebut. Seperti apa sih kuliner yang dimaksud?

1. Pempek Kapal Selam

 

Pempek palembang
Pempek kapal selam, kuliner khas indonesia. (Sumber: Hemat.id)

Ini karena ukurannya besar dan saat digoreng mirip dengan kapal selam.

2. Oseng-Oseng Mercon

Oseng oseng mercon
Oseng-oseng mercon dari Yogyakarta. (Sumber: YouTube)

Disebut oseng-oseng mercon, lantaran rasa pedasnya. Cabe dalam porsi yang banyak membuat makanan dari Yogyakarta ini menjadi salah satu kuliner yang diburu wisatawan.

3. Kuku Macan

Kuku macan
Kue kuku macan, kuliner dari Indonesia untuk oleh-oleh. (Sumber: YouTube)

Serem kan dengar namanya? Tapi ini camilan khas Balikpapan. Berupa kerupuk yang mirip dengan kuku harimau.

4. Bakso Rudal

Bakso granat
Bakso granat atau rudal dari Surabaya. (Sumber: foody.id)

Ada yang menjual bakso rudal adapula bakso granat. Disebut rudal karena bentuknya yang besar, sementara disebut granat, karena selintas seukuran granat tangan. Ditambah mi, soun dan sayuran, rasanya, boommm…

5. Rawon Setan

rawon setan
Rawon setan. (Sumber: bayupapz.com)

Rawon setan makanan khas Jawa ini dikenal di dalam dan luar negeri. Disebut rawon setan, karena konon dahulu para pedagang rawon ini berdagang di malam hari. Kalau di luar negeri makanan ini dikenal dengan sebutan black soup. Kalau rawon setan jadi, Devil black soup, hahahah.

6. Biji Beton

beton
Beton salah satu kudapan dari biji nangka. (Sumber: matajurnal.com)

Beton dikenal sangat kuat lantaran dibuat dari perpaduan semen dan besi. Namun makanan ini bukan terbuat dari semen, melainkan dari biji nangka. Biji nangka yang sudah dikumpulkan kemudian direbut hingga lunak dan diberi garam. Rasanya enak seperti umbi-umbian.

Nah, sudah tahu kan kuliner yang mungkin bisa membuat orang Indonesia dianggap sakti. Kalau menurut kamu?


Like it? Share with your friends!

hernanda

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *