10 Kuliner Indonesia yang Mendunia

Indonesia memiliki kuliner yang begitu kaya. Beberapa makanan khas Indonesia ini ternyata juga suda mendunia lho. Bahkan banyak turis yang ketagihan untuk kembali mencicipi 10 (sepuluh) makanan khas Nusantara berikut ini:


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

NgenetYuk! Kuliner – Kita bangsa Indonesai boleh bangga kalau kuliner Indonesia mendunia. Bahkan banyak turis yang ketagihan untuk kembali mencicipi 10 (sepuluh) makanan khas Nusantara berikut ini:

1. Rendang

Rendang
Sumber gambar: kulinersehat.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Salah satu kuliner khas Indonesia dari Ranah Minang ini telah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN. Olahan daging sapi yang diberi beragam rempah-rempah dan bercita rasa pedas ini tak hanya diminati oleh kebanyakan lidah orang Indonesia, tapi juga oleh turis mancanegara. Jika Anda kini bisa menemui rendang di banyak rumah makan khas Minang.

2. Sate (Satay)

Sate (Satay)
Sumber gambar: 5berita.com

Selain rendang, kuliner Indonesia yang kini sudah semakin mendunia adalah sate. Beragam jenis sate, cara mengolah, serta bumbu yang berbeda-beda membuat makanan yang satu ini semakin unik. Tidak hanya sate sapi atau sate ayam yang berasal dari Madura saja, kini sate lilit Bali dan sate kelinci pun sudah semakin banyak diminati.

3. Soto Ayam

Soto Ayam
Sumber gambar: reseponline.info

Makanan berkuah ini biasanya disantap saat waktu makan siang tiba. Kuahnya yang gurih, ditambah lagi dengan perasan jeruk nipis akan membuat hidangan ini terasa lebih segar. Soto di Indonesia pun ada beragam jenis. Anda dapat menikmati soto kuah bening dan juga kuah santan. Selain itu, sebagai pelengkap, Anda bisa memilih untuk menikmatinya bersama dengan mie ataupun nasi.

4. Gado – gado

Gado - gado
Sumber gambar: kuliner123.com

Siapa bilang Indonesia tidak punya menu salad? Namun jika salad biasanya dilumuri dengan thousand island, gado-gado dilumuri dengan bumbu kacang dan ditaburi dengan bawang goreng. Selain potongan sayuran hijau, taoge, serta biji jagung, potongan telur rebus dan kentang rebus juga biasanya turut dimasukkan ke dalam menu ini.

5. Nasi Goreng

Nasi Goreng
Sumber gambar: kuali.com

Semua orang sepertinya pernah menikmati olahan nasi yang dimasak dengan minyak dan ditambah kecap manis ini. Dan tahukah Anda jika nasi goreng menjadi makanan terlezat kedua di dunia setelah rendang? Di Indonesia sendiri ada banyak macam nasi goreng yang dapat dinikmati. Tapi, yang paling favorit tentu saja nasi goreng ikan asin. Sst, Barack Obama menjadi salah satu tokoh dunia pecinta nasi goreng lho.

6. Gudeg

Gudeg
Sumber gambar: cumibanting.com

Makanan khas Jogja ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Warna kecoklatan dihasilkan dari daun jati yang dimasak bersamaan. Memasak gudeg juga memerlukan waktu berjam-jam. Gudeg biasanya disajikan dengan telur dan aneka lauk lain serta sambal goreng krecek dan tahu.

7. Bakso

Bakso
Sumber gambar: mesinbakso.com

Bentuk bakso yang bulat menyerupai bola ini merupakan salah satu makanan populer di Indonesia. Pada umumnya bakso dibuat dari tepung tapioka dan daging sapi giling. Selain itu ada juga yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Bakso disajikan dengan kuah kaldu. Akhir akhir ini bakso mengalami inovasi dari mulai bakso gepeng, bakso bakar hingga bakso goreng.

8. Tempe

Tempe
Sumber gambar: boombastis.com
Sebagai cita rasa kuliner asli Indonesia yang mendunia. Tidak puas jika makan tanpa ada tempe. Tempe sekarang sudah dikenal dimana-mana tidak hanya di Indonesia. Bahkan di Jepang tempe ini dapat diolah dengan berbagai cara seperti burger tempe, steak tempe, dan masih banyak lagi. Bahan utama pembuatan tempe adalah kedelai. Cara paling umum memasak tempe adalah dengan digoreng tetapi juga bisa tempe ini dibacem.

9. Sop Buntut

Sop Buntut
Sumber gambar: qraved.com

Makanan Indonesia yang mendunia terakhir adalah sop buntut. Sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia diselenggarakan oleh kedutaan besar republic Indonesia di Madrid spanyol. Salah satu menunya adalah sop buntut. Ternyata acara ini mendapatkan respon yang positif. Chef asal Indonesia menyajikan makanan khas Indonesia disini. Setidaknya terdapat 300an orang yang menikmati makanan khas Indonesia dan jatuh hati pada sop buntut.

10. Indomie

Indomie
Sumber gambar: dianacookswithlove.wordpress.com

Memang bukan makanan tradisional, tapi boleh lah masuk makanan khas Indonesia yang mendunia. Mie instant yang satu ini memang fenomenal. Dari anak kecil, anak kost, karyawan  sampai kakek nenek, tahu dan banyak yang suka dengan Indomie. Di Indonesia bahkan ada warung khusus yang akan memasakkan kamu Indomie persis seperti di bungkusnya. Nggak hanya di Indonesia. Ternyata mie ini melanglang buana hingga ke luar negeri. Sampai ada bule yang bikin jingle Indomie atau bikin tutorial masak Indomie dengan berbagai modifikasi yang malah bikin orang Indonesia sendiri ngiler.


Like it? Share with your friends!

plusgap

Bukan siapa - siapa. Hanya bisa berbagi tulisan bagi yang butuh baca.

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *