Ekor Cicak Putus Masih Bergerak, Cicak Hidup. Kok bisa?

Pada saat cicak diburu atau dikejar oleh mangsanya, cicak akan memutuskan ekornya sendiri. Ekor cicak masih bergerak.


1
1 point
Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Seekor cicak
Seekor cicak. Sumber foto: kumpulan.net

Ngenetyuk.com, Pengetahuan. Teman – teman atau kamu mungkin pernah menangkap cicak atau melihat cicak diburu kemudian ditangkap oleh mangsanya. Cicak akan memutuskan ekornya sendiri. Ekor nya tetap bergerak – gerak. Mungkin kamu merasa ingin bertanya – tanya kenapa bisa. Begini kami beri penjelasan di bawah.

BACA JUGA: Yakin Binatang Tidak Memiliki Perasaan? Lihat Gambar Ini Deh

Cicak adalah salah satu binatang yang memiliki kebiasaan unik yang tak dimiliki oleh binatang lain yaitu dengan cara melepaskan ekornya sendiri. Cicak tidak akan merasa kesakitan. Dan ekor nya bergerak – gerak setelah terlepas bertujuan untuk mengalihkan perhatian pemangsa menjadi tertarik agar justru mengejar ekornya. Maka cicak berhasil meloloskan diri. Hihii.. Nah, cicak ini memiliki kemampuan untuk mengelabui musuh. Kemampuan ini disebut autotomi. Cerdik ya..!

Ekor cicak putus
Ekor cicak putus. Sumber foto: scinnce.blogspot.com

Apakah ekor cicak putus bisa tumbuh kembali?

Ekor cicak putus tumbuh kembali lagi
Ekor cicak putus tumbuh kembali lagi. Sumber foto: betadoktor.blogspot.com

Cicak tidak akan lama kehilangan ekor dan punya kemampuan untuk menumbuhkan ekor dalam waktu singkat sekitar kurang lebih 5 hari. Ekor cicak dapat tumbuh kembali lagi. Ekor cicak dapat bergerak karena ekor tersebut masih terdapat saraf – saraf yang tidak bisa dikontrol oleh otak cicak dan jaringan kekurangan oksigen.

Cicak ini tak pernah ragu atau takut untuk melepaskan ekornya saat dia merasa dalam keadaan bahaya atau terancam. Sebab itu, ekor itu disebut regenerasi.


Like it? Share with your friends!

1
1 point
sufhlong

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *