Michael Phelps: Sang Raja Olimpiade 2016

Siapa yang tak mengenal Michael Phelps. Dirinya merupakan atlet tersukses di arena Olimpiade, setelah berhasil meraih emas di ajan olahraga terakbar sejagad ini.


Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

NgenetYuk! OlahragaMichael Phelps namanya. Lahir di Baltimore, Maryland Amerika Serikat 31 tahun lalu.

Phelps pertama kali tampil di ajang olimpiade pada tahun 2000, di Olimpiade Sydney, saat usianya masih 15 tahun. Menjadi perenang termuda di olimpiade sejak 68 tahun, Phelps muda masih belum berkesempatan meraih medali untuk dirinya dan Amerika. Turun pada nomor 200 m gaya kupu-kupu, dirinya hanya finish di posisi ke-5.

Tidak ingin terpuruk, Phelps justru semakin berbakat setelah kegagalannya di Sydney. Lima bulan setelahnya, ia memecahkan rekor untuk renang gaya kupu-kupu nomor 200 m. Hal itu membuatnya menjadi pemecah rekor termuda pada usia 15 tahun 9 bulan.

Ia lalu memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri di Kejuaraan Dunia Renang di Jepang. Tahun 2002 pada kejuaraan nasional di Fort Lauderdale, Florida Phelps juga memecahkan rekor dunia pada nomor 400 m gaya individual dan memecahkan rekor nasional AS pada nomor 100 m gaya kupu-kupu dan nomor 200 m gaya individual. Pada tahun 2004, dirinya menjadi salah satu andalan Amerika Serikat di Olimpiade Athena.

Dalam Olimpiade empat tahun setelahnya di Beijing, Phelps berambisi memecahkan rekor Mark Spitz yang berhasil meraih tujuh medali emas dalam satu penyelenggaraan Olimpiade. Ambisinya berhasil ia wujudkan. Dirinya berhasil meraih delapan emas,dengan lima diantaranya dari nomor individu.

Perenang dengan tinggi badan 193 cm ini bukanya tidak pernah mengalami kegagalan. Dalam Olimpiade London 2012, dirinya gagal meraih medali di nomor gaya ganti perorangan 400 m setelah hanya finish di posisi ke empat, tepat di belakang perenang Jepang,Kosuke Hagino. Emas sendiri diraih rekan senegaranya,Ryan Lochte.

Empat hari setelahnya,ia meraih perak dari nomor 200 m gaya kupu-kupu, setelah finish di belakang perenang Afrika Selatan, Chad Ie Clos.Ini membuatnya menjadi peraih medali terbanyak dalam olimpiade, melampaui pesenam Uni Soviet,Larissa Latynna.

Tanggal 2 Agustus 2012, dirinya berhasil meraih emas ke 16 nya, saat dirinya berhasil mengalahkan Ryan Lochte di nomor 200 m gaya ganti perorangan. Ini merupakan gelar ketiganya secara berturut-turut di olimpiade di nomor yang sama.

Dan di Olimpiade Rio de Janiero kali ini,dirinya berhasil meraih emas ke-21 nya di Olimpiade, sekaligus membuatnya menjadi atlet tersukses di arena Olimpiade.

Sayangnya, prestasi Michael Phelps di arena olimpiade sedikit tercoreng karena dirinya pernah ditangkap polisi pada tanggal 04 November 2004 karena mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Menurut peraturan di Maryland, batas usia seseorang boleh mengkonsumsi alkohol adalah usia 21 tahun. Saat itu, Phelps masih berusia 19 tahun.


Like it? Share with your friends!

zaki-nandar

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *