Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Masa Pertumbuhan Bayi, Orangtua Wajib Melatih Mata Anak
Masa Pertumbuhan Bayi, Orangtua Wajib Melatih Mata Anak

Ngenetyuk.com, Sehat – Sahabat Ngenetyuk yang baru saja dikaruniai buah hati. Anda ada baiknya memperhatikan pola tidur anak anak anda. Pola tidur bayi 2 bulan berbeda dengan bayi yang baru lahir atau bayi yang lebih besar. Memahami pola tidur bayi penting untuk memastikan kebutuhan tidurnya dapat tercukupi, sehingga proses tumbuh kembangnya optimal.

Umumnya bayi usia 2 bulan perlu tidur sekitar 16 jam per hari, dengan waktu tidur pada malam hari lebih lama daripada siang hari, yaitu sekitar 9 jam. Namun, ada kemungkinan Si Kecil terbangun setiap beberapa jam karena lapar dan perlu disusui.

Baca Juga
Cara Mengatasi Kulit Merah Pasca Facial
Belum Resmi Pacaran, Ini Cara Mengatasi Baper dan Pikiran Negatif
Melody Eks JKT 48 Panen Pujian Saat Unggah Foto Ini

Nah, untuk mengetahui hal tersebut, Ngenetyuk merangkum beberapa hal pola tidur baryi 2 bulan seperti dikutip dari laman Alo Dokter.

Mencukupi waktu tidur siang
Memasuki usia 2 bulan, keinginan bayi berkomunikasi dapat meningkat, sehingga ia ingin terjaga lebih lama di siang hari. Hal ini tentu menyenangkan. Meski begitu, tetap pastikan waktu tidur Si Kecil tercukupi, misalnya dengan membiasakan ia tidur siang.

Mengajarkan perbedaan siang dan malam
Selama 2 bulan pertama, bayi belum bisa membedakan siang dan malam. Bayi belum mengerti siang hari adalah saat beraktivitas dan malam saatnya beristirahat. Maka dari itu, Bunda perlu mengajarkan hal ini kepada Si Kecil.

Mengamati tanda bayi mengantuk
Bayi yang kelelahan dan mengantuk biasanya akan menguap, mengucek mata, menarik-narik telinga, atau menjadi lebih rewel. Bila Si Kecil menunjukkan tanda-tanda tersebut, Bunda sebaiknya menaruhnya di tempat tidur meskipun ia masih terbangun.

Membuat rutinitas sebelum tidur
Bunda perlu melakukan suatu kegiatan secara rutin sebelum tidur agar Si Kecil terbiasa dan merasa nyaman dengan rutinitas tersebut. Kegiatannya bisa beragam, sesuai yang Bunda inginkan, misalnya menyusui, mengganti pakaiannya dengan piama, atau menyanyikan lagu sebelum tidur.

Nah, itulah beberapa hal yang sahabat Ngenetyuk harus perlu ketahui terhadap bayi yang berusia dua bulan.


Like it? Share with your friends!

Adriana