Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyarasankan agar ganti menu daging dengan ikan di hari raya Lebaran
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyarasankan agar ganti menu daging dengan ikan di hari raya Lebaran

Ngenetyuk.com, RamadanLebaran identik dengan menu makanan opor ayam, rendang ataupun bebek goreng. Hal itu menjadi sorotran menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Menurutnya, menu makanan di Hari Raya Idul Fitri bisa diganti dengan ikan. Lantaran, ikan lebih sehat dan bebas kolesterol ketimbang daging.

“Jangan lupa ganti menu lebaran, dari daging dengan ikan supaya lebih sehat dan bebas kolestrol. Selamat makan ikan di hari raya,” kata Susi Pudjiastuti.

Nah, sahabat ngenetyuk.com, yuk simak ulasan beberapa menu makanan yang bahan dasarnya dari ikan untuk dijadikan makanan di Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

1. Sop Ikan Kakap

Sop Ikan Kakap
Sop Ikan Kakap

Ikan kakap sebagai bahan utamanya. Meski tidak banyak mengandung sayuran, resep sop ikan ini tetap mampu memberikan asupan gizi yang baik tubuh untuk disantap pada hari Lebaran.

2. Ikan Bumbu Arsik

Ikan Bumbu Arsik
Ikan Bumbu Arsik

Ikan Bumbu Arsik adalah menu Khas dari Tapanuli, Sumatra Utara. Barangkali salah satu menu favorit keluarga Anda, baik untuk menu sehari-hari maupun menu untuk pesta. Paduan rasa pedas, asam, manis dalam racikan Bumbu Kuning Arsik sangat cocok dengan eksotisme kuliner Indonesia. Uniknya, makanan ini khas dengan sisik yang masih menempel pada ikan.

Baca Juga

3. Lele Goreng Acar Kuning

 Lele Goreng Acar Kuning
Lele Goreng Acar Kuning

Lele merupakan ikan air tawar sejenis belut karena memiliki badan yang licin dan berlendir. Ikan lele ini memiliki banyak protein yang baik untuk tubuh kita. Ikan lele juga terbilang ikan yang cukup murah karena harganya yang tidak terlalu mahal. Bagi anda yang sering mampir ke warung tenda yang menyediakan pecel, pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan lele ini.

4. Gurame Acar Merah

Gurame Acar Merah
Gurame Acar Merah

Menu yang tidak kalah nikmatnya adalah gurami acar merah spesial. Ikan dapat menjadi andalan pecinta masakan Indonesia untuk diolah sebagai menu favorit di tengah-tengah keluarga kita. Bahan utamanya dipilih menggunakan ikan gurami karena selain gurih, gurami juga memiliki duri yang besar-besar dan sedikit sehingga tidak sulit dikonsumsi, biasanya orang malas mengkonsumsi ikan karena sering “kelolodan” durinya.

5. Tumis Daun Pepaya Ikan Tongkol

Tumis Daun Pepaya Ikan Tongkol
Tumis Daun Pepaya Ikan Tongkol

Daun papaya dikenal memiliki rasa pahit jika di makan, tapi tidak sedikit orang yang menyukainya sebagai olahan makanan. Daun papaya ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita diantaranya dapat memperlancar penceraan dan pengontrol tekanan darah.

Nah, bagaimana sahabat ngenetyuk. Penasaran dan mau coba ? yuk, coba hal yang baru ini pasti lebih seru dan menarik untuk disantap pada Lebaran 1438 Hijriah.


Like it? Share with your friends!

Adriana