Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Daun Katuk
Daun Katuk

 

Ngenetyuk.com, Sehat – Setelah melahirkan anak, ibu disarankan memberikan air susu (ASI). Untuk mendapatkan kualitas atas terbaik, ibu disarankan mengkonsumsi makanan sehat serta kaya nutrisi seperti daun katuk.

Untuk diketahui, daun katuk memiliki kandungan seperti mengandung vitamin A, B, C, K dan pro vitamin A (betakaroten), kalsium, fosfor, zat besi dan serat yang juga berfungsi sebagai antioksidan.

Tak hanya itu, daun katuk memiliki manfaat steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin, hormon pelancar ASI.

Baca Juga
Tiket Ubud Writers Festival 2018
Liliyana Natsir Umumkan Pensiun dari Bulutangkis
Motor Listrik Bertenaga 200 CC

“Kadar prolaktin yang tinggi akan meningkatkan, mempercepat dan memperlancar produksi ASI,” ujar Ameetha dalam temu media peluncuran Lactaboost di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Seperti dikutip dari laman jurnal, Ameetha menjelaskan bahwa ekstrak daun katuk bisa meningkatkan kuantitas produksi ASI hingga 50,7 persen. Selain itu, daun katuk juga dapat membantu kebutuhan mineral bagi ibu menyusui dan meningkatkan daya tahan tubuh bagi ibu.

“Namun sebaiknya dikonsumsi sejak kehamilan yakni pada trimester terakhir kehamilan dan juga pasca melahirkan. Hal ini bisa membantu memberikan si buah hati energi yang ia butuhkan ketika lahir,” sambungnya.

Ia mengakui bahwa para ibu menyusui baru sering merasa tertekan pada empat atau lima hari setelah melahirkan karena permasalahan menyusui mulai muncul, misalnya ASI keluar dalam jumlah sedikit.

Dalam kesempatan itu, Ameetha juga menjelaskan bahwa penting sekali edukasi kepada Ibu agar tidak cemas dan rajin memberikan rangsangan agar produksi ASI-nya meningkat.

“Yakni dengan cara mendekatkan buah hati kepada puting payudara, serta asupan nutrisi yang cukup bagi ibu agar proses menyusui berjalan lancar,” paparnya.

 


Like it? Share with your friends!

Adriana