Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia

Ngenetyuk.com, Infosiana – Papua kembali menggelar Festival Budaya Lembah Baliem di Jayawijaya, Papua pada 7-10 Agustus 2019 mendatang. Festival tersebut merupakan acara tahunan yang sudah digelar untuk ke 30 kalinya.

Jhon R. Banua selaku Bupati Jayawijaya mengatakan bahwa festival tahunan tersebut akan memperkenalkan atraksi budaya seperti tarian, kerajinan tangan, hingga kuliner khas Papua.

“Kami akan menampilkan tarian perang-perangan seperti yang zaman dahulu dilakukan orangtua. Kami juga tampilkan cara memasak dengan cara bakar batu untuk memasak sayuran dan daging,” ujar Jhon saat konferensi pers di Museum Nasional, Jakarta, akhir pekan lalu.

Untuk diketahui, festival Budaya Lembah Baliem pada tahun sebelumnya sukses dan berhasil menarik sekitar 900 wisatawan. Maka dari itu, Jhon berharap tahun ini target wisatawan yang bisa melampaui angka tersebut.

Berdasarkan keterangan pers, pada festival tahun ini diselenggarakan sesuatu yang berbeda yakni pembuatan noken sepanjang 30 meter. Noken ini juga akan dibuat untuk pemecahan rekor MURI.

Noken merupakan kerajinan khas Papua berupa tas rajut. Dalam bahasa lokal noken disebut dengan ‘su’ yang artinya kantung. Selain itu, akan ada juga ratusan penari yang akan membuka acara dan aktivitas paralayang.

Untuk lebih memanjakan pengunjung, pemerintah setempat akan menyediakan transportasi gratis yang akan mengantar ke Danau Habema. Dan, pada malam hari pengunjung bisa menikmati pasar malam yang menyajikan aneka kuliner Papua dan Nusantara.


Like it? Share with your friends!

Adriana