Peluang jadi Local Host bersama Lokalpedia
Liliyana Natsir
Liliyana Natsir

 

Ngenetyuk.com, Olahraga – Pebulutangkis Indonesia, Liliyana Natsir mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia olahraga dunia. Ia resmi mundur dan berpisah dari pasangan ganda campuran Tantowi Ahmad.

Perempuan yang disapa Butet ini mengatakan bahwa pertandingan melawan China, Zheng Siwei dan Huang Yaqiong di babak semifinal Denmark Terbuka 2018 merupakan pertandingan terakhir bagi dirinya.

Kabar pengunduran dirinya itu disampaikan lewat akun sosial media pribadinya pada Selasa, 23 Oktober 2018.

“Denmark Terbuka saya yang terakhir, terima kasih semuanya atas dukungannya. Sampai ketemu lagi, Denmark!” tulis Butet di akun media sosialnya, Selasa, 23 Oktober 2018.

Dengan keputusan ini, maka Butet dipastikan tidak akan main di Prancis Terbuka 2018 yang akan berlangsung siang ini di Stade Pierre de Coubertin, Paris.

Sekedar informasi, Owi dan Butet mulai bermain bersama pada 2010. Selama ini, sudah banyak gelar juara diraih mereka, seperti merebut medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, medali emas SEA Games 2011, Juara Asia 2015, serta Juara Dunia 2013 dan 2017.

Tak hanya berpasangan dengan Owi, Butet juga pernah tandem bareng Nova Widianto. Bahkan, mereka pernah menduduki rangking satu dunia di ganda campuran pada 30 Oktober 2010.

Di Kejuaraan Dunia, Butet mencetak sejarah sebagai pemain putri pertama Indonesia yang berhasil merebut tiga gelar di ajang bergengsi tersebut.

Pada 2005, ketika masih berpasangan dengan Nova Widianto, dia berhasil mengalahkan pasangan Negeri Tirai Bambu, Xie Zhongbo/Zhang Yawen.

Pada 2007, mereka kembali meraih gelar juara untuk kedua kalinya dengan mengalahkan pasangan China lainnya di final, Zheng Bo/Gao Ling.

Pada 2013 bersama Owi, Butet merebut gelar juara dunia untuk ketiga kalinya setelah mengalahkan pasangan China, Xu Chen/Ma Jin.

Sementara itu, saat ini, di atas kertas Tontowi/Liliyana masih menjadi pasangan terbaik Indonesia dengan menempati peringkat 3 dunia. Di bawah mereka ada pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (rangking 11 dunia), Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (rangking 15 dunia) serta Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto (rangking 20 dunia).

Selain berduet dengan Owi, dan Nova, Butet juga pernah tandem bareng Vita Marissa saat tanding di ganda putri Olimpiade 2008. Duet sama Devin Lahardi Fitriawan, Muhammad Rijal dan berpasangan dengan Eny Erlangga.

Selamat jalan Butet, terima kasih atas semua perjuangannya mempersembahkan berbagai gelar untuk rakyat Indonesia.


Like it? Share with your friends!

Adriana